ALIF FINANCE

LEASING BPKB SYARIAH

LEASING BPKB SYARIAH
BUTUH DANA TUNAI KUNJUNGI KAMI KLIK DI SINI

BELI BONEKA LUCU INI

BELI BONEKA LUCU INI
RESELLER LAMPUNG WAYHALIM

Wednesday, January 11, 2017

Cara Mudah Menanam Cabe Di Polybag Dijamin Sukses

Foto RheskyNariossii.Berdasarkan kebutuhan ,Cabe adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa di hindarkan ,segala macam bentuk masakan pasti mengunakan cabe,Naik turun nya harga cabe menjadi permasalahan sebagian masyarakat indonesia pada umumnya.Jika harga cabe melambung sampai Rp.100.000 Per Kg,Alangkah nya sulitnya untuk menikmati sebuah masakan yang beraroma pedas.jika memasak nya saja harus merogoh kantong 25 ribu rupiah untuk tiap 1/4 nya.salah satu faktor naik nya harga cabe di indonesia adalah curah hujan yang mendominasi sebagian wilayah indonesia yang mengakibatkan petani -petani cabe mengalami gagal panen karena tanaman-tanaman cabe nya busuk di pohon sebelum di panen.hal ini di sebabkan oleh terlalu lama  akar tanaman Cabe terendam air karena curah hujan yang sangat tinggi sehingga tanaman cabe mengalami kelebihan konsumsi air .Berikut Tips atau cara mudah menanam cabe di halaman rumah menggunakan Polybag.

BELI SEKARANG DI LAZADA

 

Perlengkapan yang di perlukan 

  1. Siapkan polybag sebanyak 20 lembar atau lebih sesuai kebutuhan,dengan diameter persis seperti kaleng Cat bekas ukuran 5 Kg.
  2. Siapkan Tanah (lebih bagus tanah yang mengandung humus atau tanah bekas tempat pembakaran sampah.)
  3. Siapkan pupuk kandang (Kotoran sapi/kotoran ayam/kotoran kambing)pilih salah satu yang mudah di dapat ,Biasanya pupuk-pupuk tersebut dijual di Taman bunga dengan harga Rp 10.000 per karung silahkan di cari
  4. Siapkan Dolomit ,bentuknya seperti semen warna putih Dolomit adalah senyawa kapur yang mengandung kalsium sejumlah 8 hingga 12 persen,serta magnesium sejumlah 18 hingga 22 persen. Selain itu, dolomit juga mengandung sodium sejumlah 0.2 persen saja. Adapun manfaat dolomit bagi tanaman adalah sebagai berikut:   
    • Memberikan nutrisi yang berharga bagi tanaman
    • Membantu mengubah pH tanah sesuai dengan kebutuhan tanaman.
    • Menetralkan zat-zat berbahaya yang dapat meracuni tanah dan tanaman, seperti aluminium, zat besi, dan tembaga
    • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi tanah terhadap penyerapan zat-zat hara di dalamnya.
    • Menjaga ketersediaan unsur hara dalam tanah      
    • Memperbaiki struktur tanah, menjadikannya lebih gembur, melancarkan sirkulasi udara dalam tanah, yang menjadikan tanaman tumbuh subur nantinya.dolomit ini bisa di beli di toko pertanian./toko pupuk di sekitar tempat tinggal anda.

  5. Siapkan pupuk cair (ZPT) Zat perangsang Tumbuh harga 30 ribu (beli di toko pertanian,)bisa digunakan 10 kali panen,dengan jumlah polybag Maximal 50 Polyybag.
  6. Siapkan 2 Sachet obat pengusir semut ,harga per Sachet Rp5.000,obat ini berbentuk bubuk obat  ini digunakan untuk campuran pupuk cair (ZPT)saat penyemprotan .
  7. Siapkan alat penyemprot seperti alat penyemprot burung/penyemprot pewangi pakaian ,alat penyemprot ini digunakan untuk menyemprot pupuk perangsang tumbuh (Akar,Calon buah,memperkuat daun)
  8. Siapkan Bibit Cabe bisa di beli di Toko pertanian harga Rp.15.000         
Jika sudah lengkap sekarang saat nya Mulai menanam Cekidot
  1. Siapkan tanah untuk mengisi 20 lembar polybag ,kemudian tanah tersebut di campur dengan pupuk kandang (Ayam/kambing/Sapi)pilih salah satu dan tidak lupa Di campurkan Dolomit .Aduk sampai merata. lalu masukkan tanah tersebut kedalam masing-masing Polybag kemudian diamkan polybag yang sudah di isi tanah selama 7 hari.
  2. Ambil bibit cabai sebanyak 50 biji,lalu di taburkan ke dalam 2 polybag kosong  .taruh di tempat yang sejuk ,hingga umur 4 hari pindahkan bibit yang sudah tumbuh daun tersebut ke tempat yang terkena sinar matahari di saat pagi hari ,dan hindarkan dari sinar matahari di saat siang hari.
  3. Setelah bibit cabai bertambah daun nya sebanyak 4 helai daun.kemudian bibit tersebut sudah bisa  disemai atau dipindahkan ke dalam 20 lembar polyybag yang sudah di isi tanah ,masing masing polyybag.1 polyybag :1 bibit tanaman cabe.
  4. Letakkan masing -masing Polyybag dengan jarak 50 Cm.
  5. Setiap 5 hari sekali di semprot menggunakan Campuran Pupuk (ZPT)dan Pengusir Semut ,di aduk rata kemudian di semprotkan ke tiap-tiap tanaman di dalam pollybag.pada waktu pagi hari sebelum matahari terbit/sore hari
  6. Untuk Penyiraman dilakukan Pagi hari dan sore hari.
  7. jika tanaman cabe sudah berumur 6 minggu .kemudian ambil tumbukan batu bata merah taburkan ke permukan tanah di dalam polyybag dengan tujuan sengatan matahari di siang hari tidak langsung meyerap ke tanah ,dengan cara ini kondisi tanah akan selalu lembab tidak kekeringan jika cuaca sedang panas.   
      Demikian Tips Menanam cabe dari saya .apapun yang saya tulis disini ,sudah saya alami dan hasilnya ,lumayan disaat harga cabai melambung tinggi istri saya tidak pernah membeli cabe...silahkan di coba Semoga berhasil... 
 
PESAN SEKARANG




PILIH & PESAN SEKARANG


No comments:

Post a Comment